Sabtu, 03 November 2012

November


November.......
November adalah bulan kesebelas dalam duabelas bulan yang ada untuk kalender Masehi/Romawi atau ada juga yang menyebutnya dengan kalender Gregorian. Kata November diambil dari bahasa latin yaitu “Novem” yang berarti sembilan. Karena awalnya kalender Romawi kuno hanya memiliki 10 bulan, dan Maret sebagai bulan pertama. November pada saat itu hanya memiliki 29 hari, tidak seperti sekarang yang berjumlah 30 hari. Namun di jaman Julius Caesar, Numa Pompilius yang pada saat itu menjabat sebagai raja Roma ke-2 pada tahun 717 BC (45 SM) menambahkan dua bulan sebelum Maret, yaitu Januari dan Februari.



November.......

Indonesia sendiri memiliki peristiwa sejarah penting dalam bulan ini, yaitu tepatnya pada tanggal 10 November atau yang biasa kita sebut sebagai Hari Pahlawan. Ketika itu pasca kemerdekaan RI, tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran besar antara pejuang Indonesia dengan pasukan sekutu Belanda dan tentara Inggris yang dibentengi oleh NICA (Netherland Indies Civil Administration) di Surabaya yang menawaskan banyak pejuang dari pihak Indonesia, yaitu sekitar 6.000 jiwa dan 200.000 rakyat sipil mengungsi, sekaligus tertembaknya seorang jendral dari pasukan sekutu, yaitu Jendral Mallaby.

November.......

Erat kaitannya dengan seseorang yang bernama Novi/Novem/Nova/Noval/Novel...... Ketika seorang ibu melahirkan di bulan November, banyak orangtua yang memberi nama anak mereka berkaitan dengan nama bulan ini.

November.......

Beberapa orang mungkin mengklaim bulan tersebut penuh arti untuk diri mereka. Mungkin hari lahir, hari jadi dengan orang terkasih, peristiwa besar yang membuat seseorang menjadi besar, atau bisa jadi adalah bulan yang buruk untuk dikenang seseorang karena alasan-alasan tertentu.

November.......

Kau sungguh unik di urutan yang ganjil
Awalnya kau berada di urutan 9
kau tahu, 9 itu adalah ajaib, karena bisa merubah bentuknya menjadi 6
lalu sekarang kau menempatkan diri di posisi 11
angka yang amat aneh, hanya terdiri dari dua pasang angka 1
tapi jumlanya lebih dari angka terakhir 9.

November.......

Bunyimu indah 
meski tak seramai orang membicarakan Desember atau Januari.

November.......

Terkadang membuatku sedih
Sedih mengingat kau hanya menyisakan satu bulan lagi
yang kemuadian merubah angka tahunmu.

November.......

“November Rain”

November.......

Terlisan juga sebagai “Nopember”

November.......

No-vem-ber
Nov-em-ber
Nov-ember
N-o-v-e-m-b-e-r








Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar